Sudahkah Menganggarkan Dana Buat Bisnis?

Kemarin sore, salah seorang peserta workshop pensiupreneur siapa takut di PTPN 8 Bandung dan juga karyawan Bank Swasta Nasional yang sedang memasuki masa persiapan pensiun atau yang lebih dikenal dengan MPP berkunjung ke kantor. Sharing dan shooting untuk program Pensiunpreneur Siapa Takut di Strabiz TV (www.strabiztv.com). Ada satu hal yang menarik dari Ibu ini yaitu bagaimana tingkat aktivasi beliau dalam komunitas bisnis dengan membina UMKM untuk bisa memiliki mindset kewirausahaan danbahkan membuka pasar untuk produk UMKM.

Tetapi, ada satu hal yang menarik sehubungan dengan manajemen keuangan yaitu menyisihkan10 juta untuk bisnis trading dengan membeli produk UMKM dan kemudian dipasarkan kembali. Hal ini berangkat dari pembayaran yang telat dari hotel ataupun restoran yang menjadi tempat pemasaran produk UMKM atau yang lebih dikenal dengan system konsinyasi.

Inilah dasar pengelolaan keuangan bagi pensiunpreneur ataupun calon pensiunpreneur yaitu MEMISAHKAN keuangan pribadi dan bisnis secara tegas. Kenapa ini wajib dilakukan? Agar pensiunpreneur bisa focus dalam membuat keputusan bisnis yang berhubungan dengan uang. Tidak tercampur uang pribadi dengan bisnis. Tidak peduli besar atau kecilnya jumlah uang yang dipisahkan yang penting adalah pemisahan ini menjadi MANDATORY bagi pensiunpreneur sebagai modal awal untuk menjalankan dan bahkan menumbuhkembangkan bisnis.

Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Berani memisahkan uang untuk mengawali bisnis. Mau Materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.comwww.strategidanbisnis.comwww.strabiztv.com,

Tulisan besok akan membahas Pemasaran dan Penjualan bagi Pensiunpreneur

7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *