PPST : Gali Aja Potensi Bisnis Dari Skill Di Tempat Kerja

Logo PPSTKetika memutuskan untuk berhenti kerja di tahun 2003, saya berfikir apa yang bisa saja kembangkan di bisnis yang pastinya memiliki atmosfir yang sangat berbeda dengan kondisi ketika masih berstatus sebagai seorang karyawan. perbedaan ini sudah terbayang dan ada rasa takut karena akan kondisi yang tidak pasti setelah lepas dari perusahaan yang sudah memberikan “jaminan” setiap bulan.

 

Hal ini wajar karena akan berhubungan dengan bagaimana sejatinya seorang karyawan akan menjalani perpindahan dari comfort zone ke zona yang penuh dengan resiko. Salah satu pertimbangan untuk menentukan pilihan bisnis yang akan saya kembangkan waktu itu adalah skill yang saya dapatkan di perusahaan asuransi. Hal ini menjadi potensi bisnis yang saya kembangkan untuk menjadi seorang entrepreneur.

 

Skill atau keterampilan yang saya dapatkan dari perusahaan asuransi adalah hard skill dan soft skill. Fondasi bisnis saya relevan dengan kedua skill ini dimana saya memilih untuk menjalankan bisnis di bidang jasa yang notabene memang saya bekerja di perusahaan yang menawarkan jasa kepada konsumennya. Tidak ada barang yang menjadi produk, akan tetapi, jasa yang tidak bisa dilihat, tidak bisa diraba, tidak bisa disimpan dan produksi serta konsumsinya pada waktu yang bersamaan.

 

Hard skill yang saya dapatkan di perusahaan asuransi adalah saya bisa melakukan analisis lingkungan bisnis, baik internal maupun eksternal. kemudian, saya memiliki keterampilan yang berhubungan dengan keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia. Semuanya saya dapatkan di perusahaan asuransi tempat saya bekerja.

 

Adapun soft skill yang saya dapatkan selama bekerja adalah bagaimana memimpin tim, membuat keputusan sampai dengan komunikasi serta membangun tim dan memotivasi diri. Keterampilan inilah yang saya jadikan sebagai sumber potensi bisnis. keterampilan yang didapatkan dari asuransi Bintang Tbk saya gunakan untuk menjalankan bisnis riset, konsultan dan training yang juga bergerak di bidang jasa.

 

So, bagi teman-teman yang masih bekerja dan bermaksud untuk menjadi seorang entrepreneur, keterampilan yang didapatkan selama bekerja di perusahaan bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang bisa dikembangkan agar bisa menjadi sebuah bisnis yang tidak dikelola dengan baik dan bisa menjadi bisnis yang profitable, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

 

Masih takut memilih untuk jadi entrepreneur sukses? Ingat…….., masih ragu jadi entrepreneur? NOW OR NEVER…..

 

PPST: Pensiunpreneur Siapa Takut

Tulisan ada di www.strategidanbisnis.com

92

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *